Strategi Belajar Mengajar

Strategi Belajar Mengajar

Buku Strategi Belajar Mengajar memuat pembahasan tentang Konsep strategi belajar mengajar, Hakikat ciri dan komponen belajar mengajar, Makna dan faktor pendukung belajar, Pendekatan pembelajaran, Model pembelajaran, Keberhasilan belajar mengajar, Media belajar, Sumber belajar, Variasi mengajar, dan Pengelolaan kelas.


Judul: Strategi Belajar Mengajar
Penerbit: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press
Pengarang: Eka Sari Setianingsih, Joko Sulianto, Filia Prima, Rahmad Rais.
Tahun: 2017
Received: -
Seri: -
ISBN: 978-602-0960-72-2
Website: www.upgris.ac.id
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR 6
I. PENDAHULUAN 6
A. Deskripsi Singkat Isi BAB 6
B. Relevansi 6
C. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah 7
II. PENYAJIAN 7
A. Pendahuluan 7
B. Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik. 9
C. Gaya Belajar 13
D. Pengertian Strategi Belajar Mengajar 17
E. Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar 22
F. Belajar Mengajar Sebagai Suatu Sistem 25
G. Implementasi Belajar Mengajar 28
III. PENUTUP 33
BAB II HAKIKAT, CIRI DAN KOMPONEN BELAJAR MENGAJAR 37
I. PENDAHULUAN 37
A. Deskripsi Singkat Isi BAB 37
B. Relevansi 37
C. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah 38
II. PENYAJIAN 39
A. Hakikat Belajar Mengajar dan Pembelajaran 39
B. Ciri Belajar Mengajar 47
C. Komponen-komponen Belajar Mengajar 48
III. PENUTUP 50
BAB III MAKNA DAN FAKTOR PENDUKUNG BELAJAR 51
I. PENDAHULUAN 51
A. Deskripsi Isi BAB. 51
B. Relevansi 52
C. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah 52
II. PENYAJIAN 53
A. Makna Belajar 53
B. Teori-teori dalam Belajar 55
C. Faktor Pendukung Dan Penghambat Belajar 57
III. PENUTUP 63
BAB IV PENDEKATAN PEMBELAJARAN 65
I. PENDAHULUAN  65
A. Deskripsi Isi BAB 65
B. Relevansi 65
C. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah 65
II. PENYAJIAN 67
A. Pengertian Pendekatan Pembelajaran 67
B. Fungsi Pendekatan dan Macam-Macam Pendekatan Pembelajar 68
C. Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode dan Model Pembelajaran 99
D. Teacher Centered Learning (TCL) dan Student Centered Learning (SCL) 103
E. Perbedaan Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning 111
F. Keunggulan Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning 112
III. PENUTUP 113
BAB V MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN 114
I. PENDAHULUAN 114
A. Deskripsi Singkat Isi BAB 114
B. Relevansi 115
C. Sub Pencapaian Pembelajaran Mata Kuliah 115
II. PENYAJIAN 115
A. Pengertian Model Pembelajaran 115
B. Macam-macam Model Pembelajaran 117
C. Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 143
D. Metode Pembelajaran 147
E. Macam-macam Metode Pembelajaran 149
F. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Metode Pembelajaran 156
III. PENUTUP 160
BAB VI KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR 165
I. PENDAHULUAN 165
A. Deskripsi Singkat Isi BAB 165
B. Relevansi 165
C. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah 166
II. PENYAJIAN 166
A. Pengertian Keberhasilan Belajar Mengajar 166
B. Indikator Keberhasilan Belajar Mengajar 167
C. Penilaian Keberhasilan 168
D. Tingkat Keberhasilan 169
E. Program Perbaikan 170
F. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Mengajar 172
III. PENUTUP 182
BAB VII MEDIA PEMBELAJARAN 182

BAB VIII SUMBER BELAJAR 202

BAB IX VARIASI MENGAJAR 233

BAB X PENGELOLAAN KELAS 251
DAFTAR PUSTAKA 259


BAB I
KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR


A. PENDAHULUAN
1. Deskripsi Singkat Isi BAB
Pemahaman mengenai konsep-konsep strategi belajar harus dipahami oleh guru atau calon guru, bagaimana mengatur strategi dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Strategi belajar mengajar merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk dalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Tiap tingkah laku yang harus dipelajari perlu dipraktikkan. Karena setiap materi dan tujuan pengajaran berbeda satu sama lain, maka jenis kegiatan yang harus dipraktikkan oleh siswa memerlukan persyaratan yang berbeda pula. Oleh sebab itu mahasiswa wajib memahami karakteristik peserta didik yang akan terlibat dalam proses pembelajaran.
Pada Bab ini materi yang akan dibahas diantaranya adalah Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik, Gaya Belajar Peserta Didik, Pengertian Strategi Belajar Mengajar (SBM), Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar, Belajar Mengajar Sebagai Suatu Sistem, Implementasi Belajar Mengajar.

Jika tertarik membeli buku bisa hubungi: 085290908694
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended pada Aspek Penalaran di Sekolah Dasar

Elements of Philosopy Kebebasan akal hanya terjadi melalui pendidikan yang bebas berdasarkan penyelidikan kefilsafatan

Teori Belajar Kognitif David Ausubel”Belajar Bermakna”, Zoltan P Dienes ”Belajar Permainan”, Van Heille”Pengajaran Geometri”