The Integration of Information and Communication Technology Into Classroom Teaching
This study
provides new images of teachers who are pioneers in the use of information and communication
technology (ICT) in the classes they teach. This qualitative study looks at teachers
in a high school that is a leader in using information technology in the
classroom. The findings indicate that most of the teachers participating in
this study were enthusiastic about the possibilities ICT holds for classroom
use. Examples are given to illustrate how information technology is being used
in this school to enhance classroom teaching in several subject areas. Concerns
teachers have about the use of technology were identified as issues that could
determine the success or failure of the use of ICT in high schools. These
concerns include: maintenance, inequalities, the need for training, information
overload, the pace of change and stress, plagiarism, business involvement, and
teachers
.
Daftar Pustaka:
Reid, Scott. 2002.
The Integration of Information and Communication Technology Into Classroom
Teaching. The Alberta Journal of
Educational Research Vol. XLVIII, No. 1, Spring 2002, 30-46: University of
Ottawa.
Integrasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran di Kelas
Studi ini memberikan
gambar baru guru yang merupakan pionir dalam penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) di kelas mereka. Penelitian kualitatif ini terlihat pada guru
di sekolah menengah yang merupakan pemimpin dalam penggunaan teknologi
informasi di dalam kelas. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar guru yang
berpartisipasi dalam penelitian ini adalah antusias tentang kemungkinan ICT
berlaku untuk kelas. Contoh diberikan untuk menggambarkan bagaimana teknologi
informasi yang digunakan di sekolah ini untuk meningkatkan pengajaran di kelas
di beberapa wilayah subjek. Kekhawatiran guru memiliki sekitar
penggunaan teknologi diidentifikasi sebagai isu yang dapat menentukan
keberhasilan atau kegagalan penggunaan TIK di sekolah tinggi. Keprihatinan ini
meliputi: pemeliharaan, kesenjangan, kebutuhan untuk pelatihan, informasi yang
berlebihan, laju perubahan dan stres, plagiarisme, keterlibatan bisnis, dan
waktu guru.
Ulasan:
1.
Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar
guru yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah antusias tentang
kemungkinan ICT berlaku untuk kelas.
Berdasarkan
jurnal yang saya baca bahwa guru guru sangat antusias dalam penerapan ICT dalam
pembelajaran, karena hal ini memungkinkan guru guru mampu memvisualisasikan
objek objek abstrak menjadi konkret dengan visualisasi yang ditunjukkan melalui
ICT
2.
Contoh bagaimana ICT digunakan dikelas:
Dari
jurnal yang ada bahwa pengembangan ICT diseekolah menengah digunakan dengan
pemanfaatan video pembelajaran, aplikasi internet, CD rom, dan software program
ICT. Dengan pemanfaatan program program software menjadikan pembelajaran lebih
mudah. Yang menjadi kendala adalah bahwa penyediaan software ini tidak banyak
mungkin juga tidak gratis. Di Indonesia sudah mulai dikembangkan software yang
bisa diunduh melalui rumah pintar dan bisa di akses kapan saja.
For
example,
The
Internet brings information, data, images, and even computer software into the
classroom from places otherwise impossible to reach, and it does this almost
instantly. Access to these resources can facilitate individual and group projects,
collaboration, sharing ideas, and can make available curriculum material not
found in schools without Internet access.
Some
teachers use ICT in preparing material for class. For example, one teacher used
a video camera and taped material for students to use for various projects.
Also, because the material available on C D - R OM and other formats is of poor
quality or does not meet the classroom needs of teachers, some teachers repackage
existing material, customizing it for their class.
3.
Kekhawatiran guru menjadi tantangan
dalam keberhasilan penerapan ICT dalam pembelajaran. Keprihatinan ini meliputi:
pemeliharaan, kesenjangan, kebutuhan untuk pelatihan, informasi yang
berlebihan, laju perubahan dan stres, plagiarisme, keterlibatan bisnis, dan
waktu guru.
Atas
isu dan kekhawatiran guru tersebut perlu
dibangun kesadaran akan kemudahan kemudahan pemanfaatan ICT dalam proses
pembelajaran, penyediaan perangkat hardware dan software yang memadai untuk
pemanfaatan ICT, penyiapan sumber daya manusia dalam penggunaan ICT merupakan
bagian yang sangat penting dalam kelancaran dan keberhasilan pemanfaatan ICT
dalam pembelajaran. Guru guru perlu mendapatkan banyak pelatihan pelatihan
dasar tentang bagaimana mampu memanfaatkan ICT, data data, informasi yang ada
diinternet yang begitu banyakyang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
Komentar